Peta Lokasi Pulau Nusakambangan

Lokasi Pulau Nusakambangan adalah Salah satu dari Pulau di Jawa Tengah yang berdekatan dengan Kabupaten Cilacap bagian Selatan yaitu terletak di Samudera Hindia. Namun meskipun berdekatan akan tetapi Pulau Nusakambangan secara Adsministratif bukan merupakan wilayah Cilacap. Pulau Nusakambangan termasuk dimiliki oleh Kementerian Hukum dan HAM dan berstatus termasuk bagian dari Wilayah Pulau Terluar Indonesia.
Jika orang awam mendengar akan kata Nusakambangan tentu mereka langsung tertuju dengan sebuah nama penjara ataupun Lembaga Pemasyarakatan (  LP). Ternyata tidak ada satupun LP di Pulau Nusakambangan yang bernama Penjara Nusakambangan.

Dahulu masih terdapat sembilan Lapas di Nusakambangan yang berguna untuk Lapas narapidana dan tahanan politik, akan tetapi saat ini yang masih beroperasi hanya tinggal empat Lapas, yakni Lapas Batu (dibangun 1925), Lapas Besi (dibangun 1929), Lapas Kembang Kuning (tahun 1950), dan Lapas Permisan (tertua, dibangun 1908).
Lapas yang sudah tidak beroperasi di Nusakambangan ada 5 antara lain: Nirbaya, Karang Tengah, Limus Buntu, Karang Anyar, dan Gleger, telah ditutup. Wilayah selatan pulau menghadap langsung ke Samudra Hindia dengan pantai berkarang dan berombak besar.

Sebelah utara di wilayah Nusakambangan terdapat kampung-kampung nelayan sepanjang hutan bakau, antara lain Kampung Jojog dan Kampung Laut.
Nama Pelabuhan kapal Feri di Nusakambangan adalah Pelabuhan Sodong

Berikut ini adalah gambar peta lokasi Pulau Nusakambangan:
Peta Lokasi Pulau Nusakambangan
Peta Lokasi Pulau Nusakambangan

Peta Lokasi Nusakambangan di Jateng

Peta Lokasi Nusakambangan
Peta Lokasi Nuskambangan
literature blog